Hai, ini ada sedikit posting tugas bahasa indonesia, kaya ilmiah. Pendek sih memang tp semoga membantu yaa.maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. feel free to copy :D
Kata Pengantar
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Segala
puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam karena karunia-Nya, kami diberi
kemudahan dalam menyusun dan menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Dampak Gadget
pada Kehidupan Sehari-hari”. Karya ilmiah ini diajukan untuk memenuhi tugas
yang diberikan oleh Ibu/Bapak guru pelajaran yang bersangkutan. Pembahasan
karya ilmiah ini mengenai dampak serta manfaat gadget dalam kehidupan
sehari-hari.
Kami
harap dengan adanya karya ilmiah ini akan memberikan kemudahan bagi pembaca. Kami menyadari makalah ini belum sempurna, maka dari itu kami
mengharapkan saran yang membangun agar karya ilmiah menjadi lebih baik.
Wassalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Bandung, 14
Februari 2014
Penyusun
(Sorry Daftar Isinya gabisa di post krn pake ToC yg heading.jadi daftar isinya bikin sendiri ya :D)
BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
Kemajuan teknologi saat ini menyebabkan
variasi gadget di kehidupan sehari-hari. Modernisasi dan globalisasi
mendorong kemajuan bidang teknologi sangat pesat sehingga berbagai gadget
baik smartphone,tablet, dan tipe gadget lainnya hadir
untuk membantu memenuhi kebutuhan akan informasi dan hiburan. Selain itu,
kebutuhan akan pemenuhan informasi saat ini sangatlah menuntut. Di era modern
ini, informasi sangatlah cepat berubah seiring dengan kondisi sosial yang
semakin kompleks. Manusia dalam kehidupan sehari-harinya sangat bergantung pada
gadget.
Tuntutan akan gaya hidup dan hiburan
sangatlah tinggi. Saat ini, orang-orang cenderung memainkan permainan yang ada
pada gadget mereka dibandingkan dengan memainkan permainan tradisional
ataupun yang bersifat kegiatan fisik. Hal ini diakibatkan sempitnya waktu yang
dimiliki oleh mereka untuk bersantai sehingga mereka lebih memilih permainan yang
praktis, mudah dimainkan, menghibur, dan tidak menuntut banyak.
Di dunia usaha tentu saja gadget
memberi sumbangsih besar. Prospek cerah dan teknologi yang berkembang dengan
pesat membuat bisnis gadget ini sangat menjanjikan dan memberi
keuntungan yang cukup besar terutama apabila pengusaha bisa mengikuti selera
masyarakat dan tuntutan hidup saat ini.
Penduduk perkotaan relatif memiliki waktu
luang yang sempit. Hal ini diakibatkan oleh tingginya kesibukan yang mereka
miliki dan pekerjaan mereka yang lebih terspesialisasi dibandingkan dengan
penduduk pedesaan. Tentu saja hal ini menuntut mereka untuk melakukan dua
pekerjaan dalam satu waktu. Gadget diciptakan untuk mempermudah
pekerjaan mereka.
Oleh karena itu, manfaat gadget
dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Manfaat yang ditimbulkan gadget
pun ada yang positif dan yang negatif maka, kami memilih topik ini karena
sangat menarik untuk dibahas. Selain itu mudah dalam pengkajiannya karena
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis
dapat merumuskan masalah dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut ini :
1. Apa manfaat gadget?
2. Apa dampak negatif dan positif gadget?
1.3 Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang
telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui manfaat gadget
2. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif
gadget
BAB II
Pembahasan
2.1 Manfaat Gadget
Tentu saja penggunaan teknologi memiliki manfaat
terutama di era globalisasi dan modernisasi seperti ini. Gadget sangat
membantu dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam mengerjakan tugas
sekolah, kita dapat mencari informasi dengan sangat mudah dan dapat dilakukan
dimana saja. Selain itu, gadget dapat dijadikan sebagai hiburan diwaktu
senggang. Berbagai macam media yang disediakan gadget saat ini sangat
mendukung untuk produktivitas kerja.
Selain itu bagi orang-orang yang memiliki profesi, gadget
mempermudah dalam pekerjaan. Contohnya, mengetik dan melakukan pekerjaan
olah kata maupun operasi hitung bisa menggunakan Microsoft Office versi gadget.
Dari segi komunikasi, gadget mempermudah dalam
komunikasi jarak dekat maupun jauh. Hanya dengan menelepon atau mengirim pesan
singkat, komunikasi pun terjalin dengan cepat dan mudah.
Dari segi sosial, gadget mempermudah kita
mendapatkan teman. Terutama dengan menggunakan aplikasi sosial versi gadget,
kita dapat dengan mudah mendapatkan teman dan informasi terbaru.
Dari segi pendidikan, gadget menambah
informasi. Era globalisasi seperti ini, orang-orang dengan mudah mengakses
internet sehingga informasi yang tersampaikan pun lebih cepat.
Sudah
ada penelitan dan beberapa psikolog yang menyatakan bahwa bermain games
dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menentukan pilihan dan dapat mengurangi
kecenderungan berbuat salah. Salah satunya, psikolog Evangeline I. Suaidy, M.Si. Beliau mengatakan
dalam acara coaching clinic Cosmos di Kidzania, Pacific Place. (sumber
tercantum di daftar pustaka). Oleh karena itu, gadget saat ini didesain
untuk berbagai kategori permainan yang diminati masyarakat.
Selain itu gadget pun membuka peluang usaha.
Saat ini, sedang menjamur bisnis online dengan mengandalkan kepercayaan.
Dengan adanya bisnis online ini, memudahkan masyarakat dalam membeli keperluan
meski waktu yang dimiliki terbatas. Mereka hanya perlu melihat barang melalui
gambar yang diunggah melalui media sosial dan mentransfer uang melalui rekening
tertentu dan ketika sudah terjadi kesepakatan, barang akan dikirim ke alamat
yang dituju. Sangat mudah bukan? Itulah beberapa manfaat gadget yang
dapat kami paparkan.
2.2 Dampak Gadget
Tentu saja dalam penggunaan gadget ada
dampaknya. Dampak positif gadget adalah sebagai berikut. Gadget
dapat meningkatkan pendapatan serta meraih keuntungan yang besar karena saat
ini minat masyarakat terhadap gadget sangatlah tinggi. Masyarakat tidak
terlalu memperhatikan merek yang penting mereka bisa bergaya dan mengikuti gaya
hidup. Selain itu, gadget dapat meningkatkan mobilitas masyarakat serta
kemudahan dalam mengakses informasi.
Adapula dampak negatif gadget yakni sebagai
berikut.
Gadget diyakini dapat menimbulkan tumor otak pada otak
orang dewasa, mengganggu pertumbuhan sel otak serta mengganggu kualitas sperma
pada laki-laki sehingga dapat mengancam populasi manusia apabila hal ini terus
terjadi.
Penggunaan laptop di atas paha dapat menimbulkan panas
pada paha sehingga menyebabkan kanker kulit. Mengetik berlebihan/ jangka waktu
lama dapat menyebabkan rusaknya otot tendon karena pemaksaan kemampuan otot
jari.
Gadget
dapat menimbulkan sakit mata akibat radiasi dan cahaya. Selain itu, bisa
menyebabkan seseorang kecanduan internet.
Dampak lainnya, gadget dapat mengurangi
kreativitas serta istirahat. Gadget pun dapat menimbulkan kecelakaan
akibat kelalaian seseorang.
Gadget dapat
mengurangi komunikasi serta mengandung kuman. Tanpa kita sadari, setelah kita
beraktivitas seharian kita segera mengecek handphone ataupun gadget
yang lainnya sehingga kita lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini
dapat menyebabkan kuman berkembang di gadget kita.
Timbulnya narsisme yang menyebabkan seseorang
kekurangan empati dan simpati terhadap sekelilingnya. Orang hanya peduli
terhadap dirinya sendiri atau hanya sekedar mengikuti tren agar terlihat tidak
tertinggal zaman.
Mengurangi kinerja seseorang. Membuat orang menjadi
lebih malas karena berkembangnya teknologi ini. Menyebabkan seseorang
menyepelekan pekerjaan yang dilakukannya.
BAB III
Penutup
3.1 Simpulan
Setelah
pemaparan tentang manfaat dan dampak gadget dapat kami simpulkan bahwa gadget
memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita. Manfaat yang kita
dapatkan pun memiliki dampak yang cukup besar dan berresiko bagi kesehatan dan
kehidupan sosial kita.
Kita
sebagai manusia harus bijak dalam penggunaan gadget. Jangan sampai kita
yang dikendalikan oleh gadget. Tetapi, kita yang harus bisa
mengendalikan gadget sehingga dampak gadget tidak terlalu besar
terhadap diri kita.
No comments:
Post a Comment