Friday, February 28, 2014

Karya Ilmiah Teknologi

Hai, ini ada sedikit posting tugas bahasa indonesia, kaya ilmiah. Pendek sih memang tp semoga membantu yaa.maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. feel free to copy :D 

Kata Pengantar



            Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
            Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam karena karunia-Nya, kami diberi kemudahan dalam menyusun dan menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Dampak Gadget pada Kehidupan Sehari-hari”. Karya ilmiah ini diajukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Ibu/Bapak guru pelajaran yang bersangkutan. Pembahasan karya ilmiah ini mengenai dampak serta manfaat gadget dalam kehidupan sehari-hari.
            Kami harap dengan adanya karya ilmiah ini akan memberikan kemudahan bagi pembaca. Kami menyadari makalah ini belum sempurna, maka dari itu kami mengharapkan saran yang membangun agar karya ilmiah menjadi lebih baik.
            Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh











Bandung, 14 Februari 2014
Penyusun




(Sorry Daftar Isinya gabisa di post krn pake ToC yg heading.jadi daftar isinya bikin sendiri ya :D)

BAB 1

Pendahuluan


1.1 Latar Belakang

Kemajuan teknologi saat ini menyebabkan variasi gadget di kehidupan sehari-hari. Modernisasi dan globalisasi mendorong kemajuan bidang teknologi sangat pesat sehingga berbagai gadget baik smartphone,tablet, dan tipe gadget lainnya hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan akan informasi dan hiburan. Selain itu, kebutuhan akan pemenuhan informasi saat ini sangatlah menuntut. Di era modern ini, informasi sangatlah cepat berubah seiring dengan kondisi sosial yang semakin kompleks. Manusia dalam kehidupan sehari-harinya sangat bergantung pada gadget.
Tuntutan akan gaya hidup dan hiburan sangatlah tinggi. Saat ini, orang-orang cenderung memainkan permainan yang ada pada gadget mereka dibandingkan dengan memainkan permainan tradisional ataupun yang bersifat kegiatan fisik. Hal ini diakibatkan sempitnya waktu yang dimiliki oleh mereka untuk bersantai sehingga mereka lebih memilih permainan yang praktis, mudah dimainkan, menghibur, dan tidak menuntut banyak.
Di dunia usaha tentu saja gadget memberi sumbangsih besar. Prospek cerah dan teknologi yang berkembang dengan pesat membuat bisnis gadget ini sangat menjanjikan dan memberi keuntungan yang cukup besar terutama apabila pengusaha bisa mengikuti selera masyarakat dan tuntutan hidup saat ini.
Penduduk perkotaan relatif memiliki waktu luang yang sempit. Hal ini diakibatkan oleh tingginya kesibukan yang mereka miliki dan pekerjaan mereka yang lebih terspesialisasi dibandingkan dengan penduduk pedesaan. Tentu saja hal ini menuntut mereka untuk melakukan dua pekerjaan dalam satu waktu. Gadget diciptakan untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Oleh karena itu, manfaat gadget dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Manfaat yang ditimbulkan gadget pun ada yang positif dan yang negatif maka, kami memilih topik ini karena sangat menarik untuk dibahas. Selain itu mudah dalam pengkajiannya karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.


1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis dapat merumuskan masalah dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut ini :
1.      Apa manfaat gadget?
2.      Apa dampak negatif dan positif gadget?

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui manfaat gadget
2.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif gadget




BAB II

Pembahasan


2.1 Manfaat Gadget

Tentu saja penggunaan teknologi memiliki manfaat terutama di era globalisasi dan modernisasi seperti ini. Gadget sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam mengerjakan tugas sekolah, kita dapat mencari informasi dengan sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Selain itu, gadget dapat dijadikan sebagai hiburan diwaktu senggang. Berbagai macam media yang disediakan gadget saat ini sangat mendukung untuk produktivitas kerja.
Selain itu bagi orang-orang yang memiliki profesi, gadget mempermudah dalam pekerjaan. Contohnya, mengetik dan melakukan pekerjaan olah kata maupun operasi hitung bisa menggunakan Microsoft Office versi gadget.
Dari segi komunikasi, gadget mempermudah dalam komunikasi jarak dekat maupun jauh. Hanya dengan menelepon atau mengirim pesan singkat, komunikasi pun terjalin dengan cepat dan mudah.
Dari segi sosial, gadget mempermudah kita mendapatkan teman. Terutama dengan menggunakan aplikasi sosial versi gadget, kita dapat dengan mudah mendapatkan teman dan informasi terbaru.
Dari segi pendidikan, gadget menambah informasi. Era globalisasi seperti ini, orang-orang dengan mudah mengakses internet sehingga informasi yang tersampaikan pun lebih cepat.
Sudah ada penelitan dan beberapa psikolog yang menyatakan bahwa bermain games dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menentukan pilihan dan dapat mengurangi kecenderungan berbuat salah. Salah satunya, psikolog Evangeline I. Suaidy, M.Si. Beliau mengatakan dalam acara coaching clinic Cosmos di Kidzania, Pacific Place. (sumber tercantum di daftar pustaka). Oleh karena itu, gadget saat ini didesain untuk berbagai kategori permainan yang diminati masyarakat.
Selain itu gadget pun membuka peluang usaha. Saat ini, sedang menjamur bisnis online dengan mengandalkan kepercayaan. Dengan adanya bisnis online ini, memudahkan masyarakat dalam membeli keperluan meski waktu yang dimiliki terbatas. Mereka hanya perlu melihat barang melalui gambar yang diunggah melalui media sosial dan mentransfer uang melalui rekening tertentu dan ketika sudah terjadi kesepakatan, barang akan dikirim ke alamat yang dituju. Sangat mudah bukan? Itulah beberapa manfaat gadget yang dapat kami paparkan.

 



2.2 Dampak Gadget

Tentu saja dalam penggunaan gadget ada dampaknya. Dampak positif gadget adalah sebagai berikut. Gadget dapat meningkatkan pendapatan serta meraih keuntungan yang besar karena saat ini minat masyarakat terhadap gadget sangatlah tinggi. Masyarakat tidak terlalu memperhatikan merek yang penting mereka bisa bergaya dan mengikuti gaya hidup. Selain itu, gadget dapat meningkatkan mobilitas masyarakat serta kemudahan dalam mengakses informasi.
Adapula dampak negatif gadget yakni sebagai berikut.
Gadget diyakini dapat menimbulkan tumor otak pada otak orang dewasa, mengganggu pertumbuhan sel otak serta mengganggu kualitas sperma pada laki-laki sehingga dapat mengancam populasi manusia apabila hal ini terus terjadi.
Penggunaan laptop di atas paha dapat menimbulkan panas pada paha sehingga menyebabkan kanker kulit. Mengetik berlebihan/ jangka waktu lama dapat menyebabkan rusaknya otot tendon karena pemaksaan kemampuan otot jari.
            Gadget dapat menimbulkan sakit mata akibat radiasi dan cahaya. Selain itu, bisa menyebabkan seseorang kecanduan internet.
Dampak lainnya, gadget dapat mengurangi kreativitas serta istirahat. Gadget pun dapat menimbulkan kecelakaan akibat kelalaian seseorang.
Gadget  dapat mengurangi komunikasi serta mengandung kuman. Tanpa kita sadari, setelah kita beraktivitas seharian kita segera mengecek handphone ataupun gadget yang lainnya sehingga kita lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan kuman berkembang di gadget kita.
Timbulnya narsisme yang menyebabkan seseorang kekurangan empati dan simpati terhadap sekelilingnya. Orang hanya peduli terhadap dirinya sendiri atau hanya sekedar mengikuti tren agar terlihat tidak tertinggal zaman.
Mengurangi kinerja seseorang. Membuat orang menjadi lebih malas karena berkembangnya teknologi ini. Menyebabkan seseorang menyepelekan pekerjaan yang dilakukannya.
    










BAB III

Penutup


3.1 Simpulan

            Setelah pemaparan tentang manfaat dan dampak gadget dapat kami simpulkan bahwa gadget memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita. Manfaat yang kita dapatkan pun memiliki dampak yang cukup besar dan berresiko bagi kesehatan dan kehidupan sosial kita.
            Kita sebagai manusia harus bijak dalam penggunaan gadget. Jangan sampai kita yang dikendalikan oleh gadget. Tetapi, kita yang harus bisa mengendalikan gadget sehingga dampak gadget tidak terlalu besar terhadap diri kita.


Daftar Pustaka




No comments:

Post a Comment